Figur Pilgub Tak Berani Tampil Langsung dan Hanya Andalkan Medsos: Mi6 Sebut Bisa Kehilangan Dukungan

- 13 April 2024, 14:38 WIB
Figur Pilgub Tak Berani Tampil Sosialisasi Langsung dan Hanya Andalkan Medsos: Mi6 Sebut Bisa Kehilangan Dukungan
Figur Pilgub Tak Berani Tampil Sosialisasi Langsung dan Hanya Andalkan Medsos: Mi6 Sebut Bisa Kehilangan Dukungan /

JURNAL SUMBAWA - Sejumlah figur yang akan tampil pada pemilihan Gubernur NTB 2024 mendatang belum juga mengambil sikap untuk mensosialisasikan diri langsung terhadap masyarakat. Mi6 menilai, sejumlah figur yang disebutkan yang akan tampil hanya mengandalkan Media Sosial sebagai wadah sosialisasi.

Sosialisasi melalui Media Sosial hanya membangun opini di tingkat elite belaka. Apalagi sampai terlalu lama ”testing the water”.

Lembaga Kajian Sosial Politik Mi6, mengingatkan agar poros dan pasangan figur-figur tersebut tidak hanya membangun untuk mengkonkritkan dan serius tampil pada pemilihan Gubernur. Bisa jadi kalah start akan kalah dari dukungan.

Baca Juga: Fiks, Bupati Lombok Tengah LPB Maju Jadi Calon Gubernur NTB

”Terlalu lama "testing the water" bagi kandidat dan pasangan kepala daerah dapat memiliki dampak negatif yang signifikan. Semakin lama kandidat menunda untuk mengambil tindakan nyata, semakin besar kemungkinan mereka kehilangan momentum,” kata Direktur Mi6 Bambang Mei Finarwanto di Mataram, Sabtu 13 April 2024.

Pilkada serentak 2024 pada Pemilihan Gubernur NTB, kata analis politik kawakan Bumi Gora yang karib disapa Didu ini, kini sudah memasuki tahapan secara resmi.

Awal Mei mendatang, penyerahan dokumen untuk persyaratan kandidat perseorangan bahkan sudah dibuka oleh KPU. Sementara pendaftaran resmi kandidat hanya dibuka tiga hari oleh KPU yakni pada 27-29 Agustus 2024.

Baca Juga: Update Terbaru, Nama-nama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2024

Karena itu, Didu mengemukakan, kandidat yang terlalu lama hanya melakukan "testing the water" mungkin kehilangan kesempatan untuk membangun dukungan awal yang penting dan memperoleh keunggulan kompetitif di fase-fase krusial.

Halaman:

Editor: Ahmad D


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah