Warga Palestina bentrok dengan polisi di Temple Mount

- 19 Juni 2021, 19:21 WIB
Warga Palestina dan Polisi Israel bentrok di Temple Mount di Yerusalem, pada 18 Juni 2021
Warga Palestina dan Polisi Israel bentrok di Temple Mount di Yerusalem, pada 18 Juni 2021 /Jamal Awad/Flash90

Wartasumbawa.com — Jemaah Palestina bentrok dengan polisi Israel di Temple Mount Yerusalem pada Jumat sore, di tengah kekhawatiran pertempuran baru dengan kelompok teror Hamas di Jalur Gaza atas situasi di Kota Suci.

Polisi mengatakan bentrokan dimulai setelah shalat Jumat sore di tempat suci di Kota Tua dengan prosesi beberapa ratus orang, puluhan di antaranya menolak untuk membubarkan diri ketika mereka tiba di pintu keluar kompleks dan mulai melemparkan batu ke arah polisi.

Sembilan warga Palestina terluka oleh peluru berujung spons dan granat kejut, dan setidaknya satu dari batu yang dilemparkan oleh kerumunan, menurut Bulan Sabit Merah Palestina. Tiga dari yang terluka dirawat di rumah sakit, kata organisasi itu.

Polisi mengatakan mereka menangkap 16 orang karena melempar batu dan membuat kerusuhan, sebagaimana dikutip Wartasumbawa-Pikiran Rakyat dari timesofisrael.com pada 19 Juni 2021.

Jemaah Palestina terlihat mengibarkan bendera Palestina setelah salat Jumat.

Bentrokan terjadi setelah Pasukan Pertahanan Israel melakukan serangan udara terhadap sasaran Hamas di seluruh Jalur Gaza pada Kamis malam sebagai tanggapan atas serangan pembakaran yang sedang berlangsung dari daerah kantong tersebut.

Putaran pertempuran bulan lalu dengan kelompok teror yang berbasis di Gaza terjadi menyusul bentrokan kekerasan di Yerusalem.

Kelompok-kelompok teror Palestina mengaitkan tembakan roket May dari Gaza dengan kerusuhan di ibu kota yang terkait dengan doa di Bukit Bait Suci selama bulan suci Ramadhan dan penggusuran yang tertunda dari sejumlah keluarga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah.

Sejak pertempuran berakhir, Hamas telah berulang kali memperingatkan bahwa mereka dapat membuka kembali permusuhan atas perkembangan di Yerusalem, dan telah menanggapi dengan peningkatan permusuhan terhadap rencana pawai.

Halaman:

Editor: M. Syaiful

Sumber: timesofisrael.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah