Bawaslu Kota Bima Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwascam untuk Pemilihan Tahun 2024

- 25 April 2024, 10:10 WIB
Bawaslu Kota Bima Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwascam untuk Pemilihan Tahun 2024
Bawaslu Kota Bima Buka Pendaftaran Calon Anggota Panwascam untuk Pemilihan Tahun 2024 /

JURNAL SUMBAWA - Dalam persiapan pengawasan Pemilihan tahun 2024, Bawaslu Kota Bima telah membuka pendaftaran atau perkerutan adhoc calon anggota Panwascam dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Walikota dan Wakil Walikota Bima.

Ketua Bawaslu Kota Bima, Atina menjelaskan bahwa perekrutan adhoc Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) ini berdasarkan tindak lanjut hasil rapat konsolidasi Nasional tentang evaluasi kelembagaan dalam pengawasan pelaksanaan pengawasan pemilu Tahun 2024 dan persiapan pengawasan pemilihan Gubernur, Bupati dan walikota Tahun 2024.

“Jadi perekrutan ini berdasarkan keputusan Ketua Bawaslu RI nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk persiapan Pemilihan Tahun 2024,” Katanya.

Baca Juga: Gibran Temui Wapres Ma'ruf Amin, Mohon Bimbingan dan Petunjuk Tentang Tugas Wakil Presiden

Atina melanjutkan, bahwa seleksi badan Adhoc Pemilihan Tahun 2024 kali ini berbeda, dimana merujuk pada juknis terdapat dua metode yakni metode eksisting bagi anggota Panwascam Pemilu 2024 dan rekrutmen bagi pendaftar baru.

Proses rekruitmen pola seperti ini merupakan hal baru di Bawaslu, karena dalam Peraturan Bawaslu memungkinkan dilakukannya evaluasi sepanjang tahapan Pemilu dan Pemilihan beririsan.

Lebih detailnya, metode existing ini akan dilakukan evaluasi kinerja Panwascam yang dimana penilaianya dilakukan oleh Bawaslu Kota Bima yang akan dilaksanakan tanggal 26-27 April 2024. 

Baca Juga: Akhir Zaman, 5 Tanda Ini Sudah Muncul Kata Ustad Abdul Somad

"Jika hasil penilaian peserta existingnya telah memenuhi syarat (MS), maka tidak dibuka pendaftaran baru, tetapi apabila pada saat Existing hasil penilaian kinerja ada yang tidak memenuhi syarat (TMS) maka dibuka pendaftaran baru untuk Kecamatan yang terdapat kekosongan anggota panwascamnya."Terangnya

Halaman:

Editor: Muhamad Subhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah