Boikot Produk Pro Israel, MUI: Produk Lokal Harus Bangkit

- 17 November 2023, 14:28 WIB
Boikot Produk Pro Israel, MUI: Produk Lokal Harus Bangkit
Boikot Produk Pro Israel, MUI: Produk Lokal Harus Bangkit /Resuters/

JURNAL SUMBAWA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal dan boikot produk Israel. Adapun definisi produk lokal adalah produk karya anak Indonesia yang diproduksi di Indonesia dengan merek lokal serta memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk kesejahteraan dan kebangkitan Indonesia.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Buya Amirsyah Tambunan mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai pertalian dan utang budi dengan Palestina. Sebab, Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Semoga masyarakat juga mengikuti anjuran ulama ini, agar tidak makan, minum dan menggunakan produk-produk yang terafiliasi (dengan Zionis Israel)," Kata Buya Amirsyah Tambunan dikutip Kamis 16 November 2023.

Baca Juga: Dukung Israel! Grab Terancam Kena Boikot, Ternyata Grab dan OVO Sumbang Dana Rp3,5 Miliar

Dijelaskan, salah satu produk buatan karya anak bangsa misalnya air minum kemasan Le Minerale yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya. Le Minerale merupakan produk 100% lokal dan pemilik perusahaan sepenuhnya adalah orang Indonesia.

Selain itu, seluruh karyawan perusahaan ini juga warga negara Indonesia. Produk Le Minerale juga sepenuhnya diproduksi di Indonesia, dari kemasan botol maupun galon

Disisi lain, Buya Amirsyah Tambunan memberikan penjelasan seputar Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 yang berkenaan dengan boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Zionis Israel. Ia pun mengajak masyarakat untuk mengikuti fatwa ini dengan menggunakan produk lokal.
Hal itu disampaikannya dalam kegiatan konferensi pers di Kantor Majelis Ulama Indonesia di Jl. Proklamasi No. 51, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (15/11). Konferensi ini diadakan untuk memberikan penjelasan ke masyarakat tentang dampak dari fatwa tersebut.

Baca Juga: Istri Founder Grab Dukung Israel, Aplikasi Suaminya Terancam Diboikot

"Saya sering mengatakan, salah satu hikmahnya (boikot produk terafiliasi dengan Zionis Israel), produk lokal, produk nasional, kita cinta produk Indonesia harus bangkit untuk kita gunakan bagi kepentingan umat dan bangsa. Dalam rangka ekonomi umat dan kedaulatan bangsa karena banyak produk lokal kita yang sangat bagus dan bisa kita gunakan," ujar Amirsyah, dikutip Kamis 16 November 2023.

Halaman:

Editor: Ahmad D


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah